Jumat, 16 Maret 2012

Bersiap!! Praktikum Kimia dasar II

        Waah,, hari rabu-kamis mungkin bisa dibilang hari yang paling super buat anak-anak Chemist'11, khususnya aku. Bayangin aja, hari rabu Praktikum Fisika Dasar II, hari kamisnya laporan hasil praktikum udah harus dikumpulkan. Penulisan laporan bener-bener sesuai SKS (Sistem Kebut Semalam) banget deh. Hari ini q mau curcol sehubungan dengan ceritaku hari ini dan kemarin. #eh, penting ya?? :P
              Kemarin, ku kebagian jatah praktikum tentang Hukum Ampere. Praktikumnya sih ngak begitu susah, tapi pemakaian alatnya harus hati-hati banget, soalnya alat-alatnya sensitif banget. Apalagi sensor gayanya, kena getaran sedikit aja dah berubah. Oia kemarin itu habis praktikum langsung pada ngerjain laporan, pada ngitungin data dan lain-lain. pokoknya sibuk banget deh.
                Tugas buat hari kamis numpuk banget deh, ngerjain laporan, ngerjain tugas matematika dasar, trus belajar buat ulangan. Wahhh!! mumet-mumet gua.. Tapi ya alhamdulillah, sekarang semua sudah terlewati, walaupun tidak berjalan mulus, and sepertinya hasilnya kurang maksimal. Tapi masih ada kesempatan untuk memperbaiki and mempermak nilai-nilai yang buruk. Karena itu sekarang harus ekstra disipli dalam ngatur waktu. Biar ngak bentrokan dan saling kejar-kejaran deadline.
              Oia, untungnya  hari ini praktikum kimia dasar II beru breafing, jadi ngak kemaren ngak perlu mikirin jurnal sesaat. Tpi ingat sesaat loh ya...[ :(  ] Tdi waktu brefing di beri pengarah tentang materi-materi yang akan dilakukan bwat praktikum di semester ini. Ada beberapa judul praktikum:
  • Penentuan Hasil Kali Kelarutan. Pada praktikum ini yang dicari adalah harga Q, harga Kspnya bisa di cari di literatur.
  • Penentuan aktisivasi obat magg. Menentukan kadar basa dan kesadahan obat magg. Karena obat maggg termasuk basa, maka titrasi yang digunakan adalah titrasi asam basa. Obat magg yang dipakai disini juga bisa dalam bentuk cair, maupun padat.
  • Penentuan kadar KMnO4. Pada percobaan ini menggunakan titrasi redoks. Disini kita juga akan belajar sedikit mengenai UV-VIS.
  • Senyawa Organik dan makromolekul.
    • Pembuatan sabun. Praktikum pembuatan sabun ini akan dilakukan dalam 2 hari, karena akan dilakukan uji kesadahan juga.
    • Denaturasi protein.
    • Lem alami dari protein susu.
    • Plastik penasaran. Pada percobaan ini, kita akan mereaksikan polimer dengan boraks.
  • Kinematika reaksi dekomposisi H2O2. Katalis yang dipakai yaitu FeCl3. Percobaan  ini memakai konsep biokatalis, dekomposisinya dengan bantuan enzim. Enzim yang dibutuhkan bisa diambil dari kentang maupun hati ayam.
  • Menentukan kadar aspirin dan kafein.
              Itu merupakan judul-judul praktikum yang akan aku lakukan disemester 2 ini. Sepertinya praktikum-praktikum di atas memerlukan perlindungan lebih jika dibandingkan waktu praktikum semester 1 dulu. Tapi, aq senang. Soalnya praktikum kali ini sudah menjurus ke aplikasi. nice. :)
Semoga semua berjalan dengan lancar. Amiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar