Rabu, 21 Maret 2012

Praktikum Kimdas II_Polimerisasi Glukosa

           Haduuuhhh,,, nyari referensi buat praktikum besok aja susah baget dah... Ini aq dapat sedikit referensi semoga bisa membantu teman-teman yang juga lagi galau mengerjakan jurnal... 
           Pemamfaatan polimer dalam pembuatan bola bekel, pada percobaan ini dimana perekat alami maupun sintetik dapat digunakan untuk membuat bola bekel, dimana molekul molekul polimer akana menyatu jika dicampur dengan natrium tetraborat. Natrium Tetraborat (Na2B4O7.10H2O) adalah campuran garam mineral dengan konsentrasi yang cukup tinggi, yang merupakan bentuk tidak murni dari boraks. 
        Boraks berasal dari bahasa Arab yaitu Bouraq. Merupakan kristal lunak yang mengandung unsur boron, berwarna dan mudah larut dalam air. Boraks berbentuk serbuk kristal putih, tidak berbau, tidak larut dalam alkohol, PH : 9,5. Boraks merupakan senyawa yang bisa memperbaiki tekstur makanan sehingga menghasilkan rupa yang bagus, misalnya bakso, kerupuk bahkan mie basah yang berada di pasaran. Kerupuk yang mengandung boraks kalau digoreng akan mengembang dan empuk, teksturnya bagus dan renyah. Asal tahu saja, gelas pyrex yang terkenal kuat bisa memiliki performa seperti itu karena dibuat dengan campuran boraks. Kemungkinan besar daya pengawet boraks disebabkan oleh senyawa aktif asam borat. Campuran natrium tetraborat ini jika di lepas diudara lepas maka ikatan antara lem dan natrium ini akan membentuk ikatan yang sangat kuat.
Untuk materi lebih lengkapnya silahkan kunjungi 
http://www.scribd.com/doc/57463942/LAPORAN-POLIMER

1 komentar: