Sabtu, 23 Juni 2012

Makalah Agama Islam

Pendidikan Agama Islam
Islam Agamaku


Oleh:
Dhini Aulia Phasa
M0311020
Kimia_MIPA



FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011




A.    Pendahuluan
1.      Latar Belakang

Islam bukan hanya sekedar agama, tetapi juga suatu risalah, suatu ideologie dan  suatu falsafah, yang cocok untuk segala bangsa dan golongan. Islam tidak  mengenal  diskriminasi,  jabatan,  dan  pangkat, itulah  sebabnya dalam mesjid hanya dipakai tikar, dan saat shalat semua umatnya harus  tunduk  hingga  mukanya  ke bumi tanpa memandang dia itu apa dan siapa.
Islam adalah pedoman hidup yang baik. Muslim yang tidak memiliki sifat dan sikap yang baik mungkin belum mampu memahami Islam dengan baik sehingga tidak mampu menjadikan Islam sebagai pembawa rahmat bagi hidupnya.

2.      Rumusan masalah
1)      Apa itu Islam?
2)      Mengapa saya memilih agama islam?

3.      Tujuan
1)      Untuk mengetahui sekilas tentang islam.
2)      Untuk mengetahui mengapa saya memilih agama islam.


B.     Isi
1.      Sekilas Tentang Islam

Islam adalah agama samawi yang diturunkan oleh Allah SWT melalui utusan-Nya, Muhammad SAW, yang ajaran-ajarannya terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an dan as-sunah dalam bentuk perintah-perintah, larangan-larangan dan petunjuk-petunjuk yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia untuk mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Kitab suci agama islam adalah Al-Qur’an yang merupakan firman Allah SWT yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril. Selain Al-Qur’an juga terdapat Hadis atau as-sunah yang merupakan sumber ajaran islam kedua. Hadis atau as-sunah yang dimaksud adalah perkataan, perbuatan dan takrir (persetujuan) Nabi SAW atas perbuatan yang dilakukan sahabat.
Islam adalah agama penyempurna dari agama sebelumnya, islam terjaga keasliannya sampai akhir zaman, islam beserta hukum-hukumnya mencakup segala aspek kehidupan.

2.      Alasan Saya Memilih Agama Islam

Sebelumnya tak pernah terlintas di pikiran saya, kenapa saya memilih Islam. Karena pada awalnya, saya terlahir dari keluarga muslim, dan itu merupakan sebuah nikmat besar yang diberikan Allah SWT pada saya. Terlahir sebagai seorang muslim, saya mulai dikenalkan dengan ajaran-ajaran islam, seperti shalat, ngaji, puasa, zakat dan sebagainya. Setelah mempelajari, ternyata kajian islam tak hanya mencangkup hal-hal seperti di atas, cakupan agama islam sangat luas. Saya bisa mempelajari aqidah, akhlak, syariat, dan hubungannya antara sang pencipta dan makhluk-Nya. Islam juga mengajarkan hal-hal yang bersifat umum, seperti ilmu pengetahuan.
Dari yang pada awalnya mengikuti orang tua, sekarang saya baru bisa mengatakan sendiri bahwa saya telah memilih islam. Selain karena hal-hal yang telah disebutkan di atas, islam juga merupakan agama yang benar satu-satunya agama yang di ridhai di sisi Allah. Seperti dalam surat Al Imran ayat 19:
“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam”.
Setelah mempelajari dan mengkaji tentang islam saya melihat, islam benar-benar agama yang diridhoi oleh Allah sang pencipta, di dalam islam diajarkan segala hal, ajaran yang sangat universal, tidak dibatasi berdasarkan ras, atau jenis kelamin, ataupun negara, jadi tidak ada alasan yang lebih kuat dari pada alasan untuk memilih islam. Bila datang lagi pertanyaan tentang alasan saya memilih Islam, saya tidak lagi ragu dengan jawaban saya. Keyakinan itu sudah mantap di hati karena saya tahu dan saya paham bahwa apa yang saya yakini itu adalah yang benar dan bukan sekedar yang paling benar.


C.    Penutup
1.      Simpulan
1)      Islam adalah agama samawi yang diturunkan oleh Allah SWT melalui utusan-Nya, Muhammad SAW yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia untuk mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.
2)      Saya memilih islam karena saya yakin bahwa islam benar-benar agama yang diridhoi oleh Allah SWT.

2.      Saran
1)      Pelajarilah islam secara mendalam, niscaya kamu akan mendapatkan banyak hidayah di dalamnya.


D.    Daftar Pustaka

Taufik, Ahmad, dkk. 2011. Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Yuma Pustaka bekerjasama dengan UPT MKU UNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar